Shampo Rambut Rontok: Sebab, Rekomendasi Pemilihan, dan Tips Sehat

Situasi rambut-rontok semua orang pernah merasakannya baik pria dan wanita. Sejak ada produk untuk membantu muncul shampo-rambut-rontok untuk membantu dan solusi terbaik mengatasi masalah rambut. Setiap produk dan merek ini tentu tidak semuanya cocok dengan kondisi rambut, walau diperuntukan untuk rambut rontok tetapi harus cocok pula dengan situasi dan kondisi rambut anda untuk saat sekarang ini. Pada tulisan artikel kali ini kami mencoba untuk menjelaskan beberapa sebab, merek, dan tips seputaran rambut-rontok agar pengetahuan cukup sehingga anda mengerti dibalik cerita rambut yang sangat menjadi masalah kesehatan sampai saat sekarang ini yang butuh penanganan tepat, cepat, dan akurat.

Poto oleh: rd.com

SEBAB-RAMBUT-RONTOK.
Kondisi rambut rontok sudah tentu ada sebabnya, untuk memahami penyebabnya sudah tentu pasti dari aktifitas anda sebelumnya yang disengaja atuaupun tidak. Proses hair styling yang sangat berlebihan tentu menjadi penyebab utama seperti mewarnai rambut, catok, proses pengeringan rambut yang salah menjadi kegiatan keseharian yang selalu berlanjut dan bersiklus. Inilah penyebab yang paling banyak dilakukan oleh para pria atau wanita yang menyebabkan rambut rontok. 

Namun yang menjadi perhatian adalah kerontokan rambut sangat-sangat parah sekali bisa melebihi ratusan lembar per hari, rambut yang rontok tersebut tidak hanya pada batang rambut saja yang patah tetapi juga sampai pada akar rambut. Setelah proses pemeriksaan rambut langsung kepada pasien sudah jelas akan berdampak kepada kondisi rambut menjadi tipis dan mulai jarang bahkan menjurus kebotakan.

Tidak hanya dari proses kegiatan rambut di salon saja secara berlebihan ada beberapa sebab rontok rambut ini di sektor lain yang tentu juga bisa memicu kerontokan rambut. Jadi anda juga memperhatikan situasi ini apakah termasuk dalam keseharian anda.

1. Kurang Nitrisi Penting.
Kondisi tubuh butuh nilai gizi yang penting yang berguna untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Ketidakseimbangan ini mengakibatkan jumlah nutrisi yang anda konsumsi tentu berkurang apalagi saat anda menyantap makanan ternyata tidak sehat bahkan nilainya tidak ada sama sekali. Bahkan proses diet yang dilakukan dengan metode yang sangat salah bisa memicu kerontokan rambut akut bisa terjadi.

Mungkin saja disituasi anda seorang pekerja keras yang butuh energi untuk membanting tulang, nutris kurang sedangkan jenis pekerjaan sangat ekstrim tentu nilai nutrisi juga tidak seimbang menjadikan kadar nutrisi penting dalam tubuh dibutuhkan jumlah sangat banyak ternyata kurang. Nilai gizi inilah yang diperlukan seluruh tubuh termmasuk rambut.

2. Situasi Stress.
Kegiatan pekerjaan keseharian tentu akan memberikan tingkat stress yang tinggi berakibat kepada pembuluh darah yang juga langsung berkontraksi. Jika berlebihan dan sering mengakibatkan peredaran darah menjadi tidak lancar sehingga nitrisi yang dibawa oleh darah akan berkurang termasuk ke jaringan pembuluh darah disekitar akar rambut mengakibatkan rambut kurang nutrisi menjadi faktor pemicu kerontokan rambut. Jika ini terus berlanjut sudah dipastikan jumlahnya bertambah banyak dan akhirnya rambut menipis dan kebotakan akan muncul.

3. Rontok Rambut Darah Tidak Lancar.
Kegiatan yang sering dilakukan oleh para pria dan wanita tentu juga berhubungan dengan kegiatan zaman now yang memberikan sebuah habit atau kebiasaan yang sangat berlebihan sehingga ini lah faktor pemicu rontok-rambut yang akan menjadi fenomenal. Seperti menggunakan komputer secara berlebihan untuk beraktifitas, menggunakan gadget secara masive, hingga bermain game tanpa waktu. Nah, kegiatan seperti inilah yang akan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan rambut yang sudah memicu rontok rambut sudah mulai terlihat.

4. Tidak Sehat Kulit Kepala.
Faktor lain yang bisa menyebabkan kerontokan rambut adalah jumlah minyak yang berlebihan dihasulkan pada kulit kepala. Produksi minyak yang berlebih ini juga berpengaruh kepada konsumsi makanan yang sangat berlebihan pula seperti lemak yang tinggi, makanan tidak sehat, hingga makanan instant cepat saji atau fast food. Konsumsi yang berlebihan ini tentu berakibat pada kulit kepala tidak sehat yang memicu pori-pori kulit yang menyatu dengan rambut akan tersumbat yang tentu memberikan kelemahan pada akar rambut. Inilah faktor lain membuat rambut menjadi rontok.

5. Faktor Usia.
Memang usia akan memberikan faktor yang sangat menentukan rambut akan rontok. Walaupun semua nutrisi sehat telah diberikan dan konsumsi dan kulit kepala sudah sehat makan pengaruh kerontokan rambut akan juga terjadi. Seperti contoh pada wanita menurunnya kadar hormon dalam tubuh juga mempengaruhi. Berbeda dengan pria, hormon yang akan berkurang secara cepat ini sehingga kerontokan rambut akibat faktor usia penuaan ini cenderung banyak kepada pria.

REKOMENDASI PEMILIHAN SHAMPO UNTUK RAMBUT RONTOK.
Setelah anda mengetahui seluk beluk kerontokan rambut tentu harus memilih perawatan shampo-untuk-rambut-rontok. Anda jangan sampai salah pilih karena ada faktor penentu salah pilih shampo juga ada memicu kerontokan rambut. Berikut ada beberapa rekomendasi pemilihan shampo-khusus-untuk-rambut-rontok yang menjadi perhatian anda sebelum dibeli agar tidak membuang uang.

1. Jenis Shampo Obat atau Medicated.
Banyak sekali jenis shampo yang dijual dipasaran untuk mengatasi kerontokan rambut. Tetapi anda harus mendapat pengetahuan yang cukup terhadap produk tersebut dan bahkan harus ada uji klinis terbaik agar rontok rambut bisa teratasi. Dengan adanya informasi ini berarti merek shampo ini telah memberikan solusi terbaik yang telah direkomendasikan beberapa konsumen yang bermasalah dengan rambut rontok cocok dengan shampo ini.

Kenapa pilih jenis obat atau medicated?. Alasanya adalah rambut yang sedang rontok butuh obat dan perawatan cukup agar bisa sehat kembali. Produk seperti ini sudah tentu mendapat semacam rekomendasi atau disetujui oleh Departemen Kesehatan sehingga shampo ini sudah memberikan uji klinis dan prosedur yang telah baku terpenuhi. 

2. Hindari Jenis Shampo Mengandung Zat Petroleum.
Seperti diketahui bahwa bagan utama produk shampo adalah zat surfaktan yang bertujuan untuk membersihkan kotoran. Jenisnya bisa alami dan buatan. Srfaktan jenis buatan ini yaitu surfaktan sabun, asam amini, alkohol tinggi, ester asam lemak, serta pertroleum. Jenis alami bisa terdapat pada kedelai dan kuning telur yang ada loofah serta lesitin. Tidak hanya itu saja ada saponin yang juga dipakai untuk pembersih.

Sekarang ini produk shampo untuk rambut rontok ini banyak jenis komersial cukup sulit untuk menghindarinya. Tetapi yang terbaik adalah melengkapi komposisinya dengan bahan yang dipakai untum meminimalisir iritasi pada kulit rambut. Pastikan zat petroleum ini sudah bercampur dengan sodium lauryl sulfate sebuah kombinasi tepat untuk mengurangi iritas sebagai penyebab kerontokan rambut.

3. Smart Cermat Membeli Shampo-Untuk-Rambut-Rontok.
Membeli produk kesehatan seperti rambut rontok ini tidak murah. Anda harus mempersiapkan biaya yang cukup besar agar rambut rontok bisa sehat kemabli. Tentu dengan uang yang banyak ini harus anda hubungkan dengan pengeluaran utama khususnya di rumah tangga. Persiapan budget ini berhubungan dengan jenis merek shampo yang akan dibeli, sebelum anda beli tentu saja harus paham dengan merek ini sudah mempunyai reputasi baik untuk mengatasi kerontokan rambut. Rekomendasi ini ini perlu memberikan kenyakinan cukup bahwa merek shampo ini memeng layak untuk dijadikan solusi terbaik. 

TIPS SEHAT AGAR TERHINDAR DARI KERONTOKAN RAMBUT.
Agar anda terhindar dari kerontokan rambut ini tentu harus ada tips khusus bagi anda agar penyakit seperti ini tidak datang pada saat anda membutuhkan rambut sehat di suasana tertentu. Tips sehat ini berhubungan dengan gaya hidup serta situasi yang akan anda hadapi di setiap aktifitas pekerjaan.

1. Hidup Sehat Teratur.
Setiap kegiatan and harus sehat dan teratur. Hidup sehat dimulai dari menjaga kebersihan rambut dan seluruh yang berhubungan dengan rambut termasuk tempat tidur, ruangan bersih, hingga terbebas dari sinar terik matahari langsung. Awasi dan anda yang pantau sendiri seluruh aktifitas ini jika harus berada di outdoor dan berhubungan dengan sinar teri matahari gunakan payung, topi, atau scraf agar bisa melindungi rambut.

2. Makanan dan Minuman Bergizi Sehat.
Setiap konsumsi makanan yang dipilih harus mengandung nilai gizi dan nutrisi sehat agar semua unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh bisa diserap pula oleh rambut. Makanan sehat seperti buah segar, sayur segar, dan seluruh makanan yang alami akan memberikan nilai tinggi untuk nutrisi. Sedangkan minuman hindari bersoda, alkhohol, bahkan jenis minuman kemasan atau energy drink yang tidak bermafaat untuk tubuh.

3. Olah Raga Teratur.
Olah raga secara teratur memang sudah pasti dilakukan. Sirkulasi metabolisme dan aktifitas berkeringat bisa mendorong kulit kepala untuk mengeluarkan keringat pula dari dalam dan mendorong kotoran yang masih melekat disekitar rambut busa keluar. Jadi, anda bisa merasakan pada saat berolah raga kulit kepala ada yang basah keringat nah itulah efek dari olah raga yang sangat bermafaat pula untuk kesehatan rambut.

4. Hindari Stress Pekerjaan.
Kondisi stress tentu akan memberikan efek buruk terhadap kestabilan pertumbuhan rambut. Jadi stress akan memicu pembuluh darah sumbat sehingga asupan makanan penting yang dibutuhkan rambut menjadi berkurang. Anda harus mengerjakan pekerjaan sesuai dengan time-table yang baik jangan selesai dalam wakti semalam akan berdampak pada tingkat stress akut yang membahayakan kondisi rambut.

5. Tidur Cukup.
Memang benar adanya, tidur cukup akan memberikan seluruh aktifitas tubuh diistirahatkan sejenak. Situasi tubuh yang butuh istirahat ini juga berdampak kepada rambut. Rambut bisa diberikan waktu untuk istirata tidak pada kondisi outdoor terus jadi stamina rambut bisa dipulihkan kembali seperti tubuh anda.

6. Pilih Shampo Terbaik.
Pemilihan shampo-untuk-rambut-rontok memang harus disesuaikan dengan kondisi rambut, cocok, dan memberikan efek sehat. Rekomendasi pemilihan ini tentu harus berdasarkan uji klinis dan rekomendasi para dokter dermatologis yang telah teruji keilmuannya. Shampo terbaik berarti berhubungan dengan nilai uang yang akan anda keluarkan. Jadi, pilih yang terbaik untuk rambut dan sesuaikan dengan jumlah uang yang akan anda persiapkan. Selalu baca label kemasan shampo karena dari informasi label anda anda mengetahui bahan apa saja yang terkandung dalam satu bolol ukuran tertentu ini.

7. Pilih Jenis Shampo Bahan Alami.
Sekarang ini sudah ada beberapa produk home made yang sudah teruji klinis untuk shampo-untuk-rambut-rontok. Produk ini diawasi oleh dokter ahli bahkan dokter ahli tersebut yang meracik khusus formula ini untuk rambut rontok. Pastikan anda mengunjungi dokter ahli ini dengan segudang prestasi dan memberikan manfaat banyak revolusi perawatan rambut termasuk dalam produk turunannya.

8. Jika Perlu Ke Dokter Kulit.
Memang kunjungan ke dokter kulit juga diperlukan agar mendapat nasehat penting untuk rambut sehat. Dengan berkunjung ke dokter berarti anda telah memberikan sebuah solusi sehat untuk kesehata rambut dan jika terjadi indikan rambut-rontok maka dokter akan memberikan solusi terbaik apakah diberikan suplemen khusus atau bahkan racikan shampo-untuk-rambut-rontok. Kunjungan ini bisa anda persiapkan apakah enam bulan sekali atau setahun sekali sesuai dengan kebutuhan.

9. Sediakan Waktu Liburan.
Untuk menghilangkan beban stress yang selama ini anda rasakan harus persiapkan waktu untuk liburan agar bisa memberikan semangat positif untuk melaksanakan seluruh aktifitas. Liburan ini tidak selalu mahal harus ke luar negeri dengan mengeluarkan uang banyak, cukup anda berlibur disekitar kota atau kota perbatasan untuk melakukan kegiatan ekspedisi alam, touring, bahkan melakukan sepeda sehat. Apapun bentuknya sesuaikan dengan kapasitas waktu yang tersedia bahkan budget yang anda persiapkan.

Comments