Perawatan Rambut Kering: Sangat Mudah Kembalikan Sehatnya

Memang kesal mempunyai rambut kering rasanya ingin ada perawatan-rambut-kering ini bisa cepat sehat kembali dan hidupku terasa tenang. Memang kondisi rambut-kering ini bagi seorang wanita tentu menjadi masalah besar dalam penampilan bahkan membuat percaya diri menjadi sangat berkurang. Pasti jadi down dech, rasanya malu berjalan dan seperti dilihatin banyak orang. Pasti anda pernah merasakan hal seperti ini jadi minder dan sering mengurung diri di kamar dan sering bercermin tiap detik melihat nasib rambut kering ini.  Apabila dilihat secara prakteknya rambut kering ini dapat dikataka mudah patah bahkan sulit untuk dilakukan penataan. Jadi anda harus segera melakukan perawatan-rambut-kering agar semua problem masalah ini bisa cepat teratasi dan kembalikan percaya diri kamu. Secara kesehatan rambut sebenarnya rambut kering ini disebabkan karena sangat kurangnya kelembaban pada rambut, jadi untuk mengembalikannya kembali yang rambut harus kembali  tidak kering sehat tumbuhnya dan berkilau. 

Poto oleh: .shefinds.com

Alasannya adaah kulit kepala tidak mampu memproduksi minyak yang cukup untuk rambuat sehingga keadaaan rambut menjadi keriang, serta kultikula pada rambut yang rusak ada pengaruh dari terlalu seringnya anda pergi ke salaon untuk menata rambut baik untuk catok rambut, meluruskan, keriting, bahkan melakukan perubahan warna rambut. Kondisi seperti ini membuat kesehatan rambut bertambah buruk , jika sudah memperburuk kesehatan rambut maka kultikula akan mengelupas dari rambut sehingga kultikula ini menjadi kurang berfungsi untuk menahan kelembaban pada rambut menjadi terganggu siklusnya maka rambut menjadi kering

BEBERAPA CARA PERAWATAN RAMBUT KERING.
Jika rambut sudah terasa kering butuh pertolongan dan perawatan-rambut-kerin segera dilakukan, hal yang harus ada lakukan berikut tata cara yang cukup mudah dan bisa anda lakukan sekarang juga.

1. Perhatikan Waktu Keramas Rambut.
Sebelumnya anda suka mencuci rambut setiap hari mungkin ini salah satu penyebabnya membuat kondisi rambut cepat kering. Rubah pola cuci keramas rambut menjadi dua hari sekali apabila kondisi rambut masih terasa baik dan normal, kondisi rambut tidak berminyak secara berlebihan. maka sebaiknya jangan sering dicuci. Solusi terbaik adalah untuk membuat kesegaran rambut dan tetap bersih anda bisa kombinasi menggunakan shampo dan kondisioner secara bergantian.

2. Produk Pilihan Perawatan Rambut Kering.
Sesuaikan produk kesehatan khusus rambut kering menjadi rekomendasi anda. Jenisnya bisa berupa shampo, hel, kondisioner, atau produk khusus lainny ayang cocok dengan jenis rambut anda sekarang. Tentu dengan produk yang direkomendasikan ini telah sesuai pH sehingga bisa menjaga kondisi rambut termasuk kelembaban sesuai dengan sampho pada rambut bayi. Ada jenis produk yang tersedia di pasaran yang memberikan nutrisi penting pada rambut sehingga rambut kering ini bisa kembali sehat seperti zaintun, minyak kelapa, minyak argan, atau avocado.

3. Rekomendasi Terbaik Gunakan Bahan Alami.
Menggunakan bahan alami memang sangat direkomendasikan. Sekarang ini sudah banyak produk home made untuk perawatan-rambut-kering yang mempunyai kandungan sehat proterin tinggi untuk rambut. Dari resep zaman dahulu menggunakan minyak zaitun dengan telur ayam kampung. Jadikan semua bahan ini menjadi satu dan jadikan rambut kering tadi diolesi dengan bahan telur dan minyak zaitun tadi. Setelah masa 30 menit kemudian cuci dengan air suam-suam kuku. Setelah bersih sempurna dan dikeringkan untuk mendapatkan hasil yang optimal anda bisa membasahi rambut sebanyak setengah sendok teh minyak kelapa murni dari tengah rambut sampai ke ujungnya. Dan tata rapi dengan sisir dan biarkan selama 30 menit kemudian cuci bersih dan keringkan.

4. Perhatikan Setiap Helai Rambut.
Rambut-kering sudah tentu ada rambut yang ujungnya rusak bahkan juga ada yang bercabang bahkan kering berwarna. Sebaiknya anda melakukan potong ujung rambut yang rusak ini secara berkala bahkan rutin agar tampilan rambut untuk secara keseluruhan masih terlihat sehat. Proses seperti ini sebaiknya anda lakukan 2-3 bulan sekali. Sebaiknya anda melakukannya tidak sendiri karena harus menggunakan gunting khusus dan tajam agar rambut-rusak tadi tidak bertambah rusak saat proses pengguntingan.

BEBERAPA PENYEBAB RAMBUT KERING.
Untuk membuka wawasan sebenarnya ada penyebab terjadinya rambut kering seperti ini. Penyebab ini mungkin tidak anda sadari bahkan sering anda lakukan tanpa sadar, berikut beberapa penyebab yang sering luput dari perhatian anda.

1. Kegiatan anda selalu banyak di bawah terik sinar matahari. Pada saat rambut anda masih dalam keadaan sehat dan lembut lama-kelamaan akan berubah menjadi kering.
2. Masih banyak sisa atau residu produk kimia yang ada dirambut saat anda menggunakan beberapa produk kesehatan rambut sebelumnya. Alasanyan tidak semua produk yang ada dipasaran sesuai dengan kondisi rambut, jika salah makan kondisi rambut akan menjadi kering.
3. Karena dampat polusi udara yang secara terus menerus akan memperburuk kondisi rambut. Jika anda biarkan secara terus menerus tanpa ada perhatian makan rambut kering akan bisa terwujud dengan segera.
4. Salah memilih produk shampo untuk pemakaian setiap hari. Pastikan pemilihan produk shampo ini memang sesuai dengan karakter dan kondisi rambut. Apabila salah maka bisa mengakibatkan rambut anda akan cepat kering.
5. Anda selalu sering ke salon untuk memperlakukan rambut secara kejam dan terus menerus seperti meluruskan, catok, bahkan semir rambut dengan frekuensi tinggi. Dengan kegiatan seperti ini berdampak sangat buruk terhadap kondisi rambut.
6. Selalu sering menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Cara yang salah proses pengeringannya, anda harus mengeringkan rambur menggunakan handuk tebal dan biarkan mengering di udara sejenak. Jangan pada kondisi basah anda langsung menggunakan hair dryer akan mempercepat kondisi rambut kering dan rusak.
7. Selalu sering menggunak hair spray untuk gaya tata rambut. Zat kimia ini berpotensi membuat rambut anda cepat kering.

Untuk melengkapi tulisan ini ada beberapa tips pelengkap untuk mencegah kembali rambut kering agar proses yang telah dilakukan tidak kembali terjadi kembali.

1. Harus hindari produk yang mengandung alkohol karena alkohol ini akan memberikan efek kepada rambut pada saat anda menggunakan hair dryer, keriting, catok, dan lainnya saat di salon. Sekarang ini telah banuak produk home made yang tidak mengandung alkohol yang sangat direkomendasikan untuk dipakai agar rambut kering yang telah menyiksa anda tidak datang kembali.

2. Setelah anda keramas gunakan handuk untuk membungkus rambut agar kestabilan kelembabannya tetap terjaga. Banyak cara ini dilakukan setelah saat keramas sehingga rambut yang sudah mulai sehat selalu tetap dijaga dimulai dari proses ini.

3. Pada saat anda keramas atau cuci rambut dengan air dingin jauh lebih baik menggunakan air panas saat pencucian rambut. Pastikan anda saat beraktifitas menjauhkan rambut dari sinar terik matahari langsung, cuaca berangin kencang, hingga udara terasa dingin. Jika anda beraktifitas masih di outdoor dan berhubungan dengan kondisi diatas maka anda harus membawa payung, topi, ataupun scraf untuk melindunginya.

4. Anda harus hindari untuk melakukan aktifitas berenag di kolam berenang ataupu di pantai. Karena ada kandungan garam yang sangat tinggi serta kandung klorin yang bisa merusak kondisi rambut yang telah kering menjadi lebih parah.

5. Produk kesehatan rambut yang mempunyai wangi khusus sebaiknya dihindari. Karena bahan yang dipakai untuk pewangi akan memberikan efek buruk kepada rambut bisa memicu mempercepat ambut cepat kering. Pilih produk tanpa bau karena komponen pewangi sudah jelas tidak dipakai dalam produk kesehatan kulit akan memberi dampak sehat terhadap kesehatan rambut. 

Setelah semua proses ini telah dilakukan dengan cermat dan baik masih tidak memberikan hasil yang maksimal bahkan memperburuk kondisi rambut maka sebaiknya anda langsung berkunjung ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan-rambut-kering secara intersif agar penyakit rambut ini bisa disembuhkan dan bisa dikembalikan seperti semula.

Comments