Cara Mudah Merawat Rambut Kering: Sangat Mudah Bisa Lakukan Di Rumah Sendiri

Cara-mudah-merawat-rambut-kering sebagai solusi untuk memperbaiki kondisi rambut menjadi sehat kembali ternyata bisa anda lakukan sendiri di rumah. Merawat-rambut-kering memang selalu menjadi topik perbincangan yang sangat intensif karena semakin banyak pria dan wanita menjadi pasien rambut-kering yang butuh informasi lengkap agar masalah ini cepat teratasi. Pria dan wanita yang selalu ingin rambut sehat dan lebat menjadi impian karena berdampak pada performance penampilan agar tetap percaya diri saat menjalani seluruh aktifitas keseharian. Resah gelisah dengan rambut kering ini tentu akan menurunkan kualitas tumbuh rambut tidak mengembang lagi khusus wanita dan hitam lebat untuk seluruh impian. 


Poto oleh: sikapsehat.com

Rambut kering ini sudah pasti ada penyebab dan sebab yang perlu anda ketahui, mungkin saja penyebab ini tidak sengaja anda lakukan dan tidak paham ternyata faktor ini membuat kondisi rambut kering seperti ini, berikut beberpa faktor penyebabnya:

1. Kegiatan anda di luar kantor atau lapangan dengan waktu lama berada di bawah terik sinar matahari sehingga rambut yang mulanya masih baik kondisinya lama kelamaan akan menjadi kering akibat berada di terik matahari sangat mobile sekali.
2. Terlalu banyak zat kimia yang telah menempel di rambut, mungkin saja anda salah memilih produk kesehatan rambut. Untuk membeli produk kesehatan rambut dipersilahkan saja tetapi anda harus paham dan mengerti produk perawatan rambut kering seperti apa yang sangat cocok.
3. Lingkungan tempat anda bersosialisasi sangat banyak polusi udara yang secara langsung menempel pada helai rambut sehingga performa rambut semakin lama semakin lemah dan kering, seperto polusi asap kendaraan bermotor.
4. Salah pemilihan jenis shampo karena pengaruh dari iklan dan rekomendasi dari lingkungan. Shampo yang anda pilih merupakan cara untuk merawat rambut kering dan selalu memberikan atensi untuk membaca label produk shampo yang akan anda gunakan untuk perawatan rambut kering.
5. Sangat intensive dan massive sekali melakukan modifikasi kecantikan rambut seperti catok, semir rambut, hingga sering gonta ganti warna rambut. Biasanya kegiatan ini banyak sekali dilakukan oleh wabita yang ingin membuat penampilan tetap prima dan menarik.
6. Menggunakan produk penataan rambut seperti hair spray secara berlebihan  serta bahan kimia rambut lainnya sehingga kondisi rambut menjadi cepat kering dan akhirnya patah.

Setelah anda mengetahui penyebabnya saatnya cara-mengatasi-rambut-kering ini tentu ada kaitannya dengan perawatan yang akan dilakukan. Ada tips penting untuk merawat rambut kering ini sebagai langkah awal yang busa anda lakukan:

1. Gunakan bahan sangat alami untuk perawatan, alasannya karena bahan alami sudah tentu pasti terbebas dari zat kimia berbahaya bagi rambut sebagai solusi terbaik.
2. Selalu melakukan kegiatan yang lebih positif seperti selalu menjaga kebersihan rambut, selalu mengerti dan paham produk apa saja yang direkomendasikan oleh para ahli rambut yang bisa membantu perawatan di rumah.

Khusus untuk perawatan menggunakan bahan sangat alami tentu menjadi solusi terbaik dan bahan-bahan ini cukup mudah ditemukan. Hampir seluruh bahan ini ada di pasar tradisional dan beberapa jenis tertentu bisa anda dapatkan di supermarket terdekat. Berikut penjelasannya:

1. Gunakan Air Lemon dan Madu.
Cara seperti ini sudah bayak dilakukan dan cukup efektif membuat rambut kering bisa teratasi dengan baik. Tentu saja bahan yang sangat alami ini dan mudah di dapatkan anda siapkan segera. Setelah perasan air lemon ini tercampur sempurna dengan madu maka saatnya rambut anda di olesi dengan sempura. Waktu pemakaian +/- 40 menit dan tutup dengan penutup rambut seperti shower cup. Setelah cukup waktu makan saatnya dibilas dengan air bersih hingga merata.

2. Gunakan Buah Alpukat.
Magical avocado ini sudah sangat teruji karena mengandung lemak sehat untuk tubuh ternyata juga memberikan solusi untuk perawatan rambut kering. Kaya manfaat ini sudah banyak menolong pasien yang bermasalah dengan rambut ini. Cara mudah dan ketersediaan buah ini hampir ada setiap tahun mampu memberikan hasil optimal yaitu gunakan buah yang telah matang semburna hancurkan hingga berbentuk bubur kemudian anda oleskan keseluruh helai rambut sengan merata. Lama pemakaian +/- 20 menit saja kemudia langsung bilas dengan air bersih dan keringkan.

3. Perasan Air Jeruk Nipis.
Bahan ini cukup banyak sekali di pasar tradisional yang bisa anda gunakan untuk cara-mengatasi-rambut-kering. Beli secukupnya dan peras makan air ini akan di oleskan seluruh helai rambut secara mereta. Pastikan jumlah air perasan cukup untuk kebutuhan rambut, lama waktu +/- 30 menit dan kemudian bilas dengan air bersih keringkan segera.

4. Minyak Murni Alami.
Anda bisa pilih jenis minyak alami yang akan masuk dalam tahap cara-mengatasi-rambut-kering, seperti minyak kelapa murni, minyak biji bunga matahari, atau minyak almond. Seluruh jenis minyak murni alami ini dapat menjaga dan memberikan kelembutan setiap helai rambut. Gunakan selama +/- 20 menit tutup dengan shower cup kemudian bilas dengan air bersih kemudian keringkan.

5. Minyak Zaitun Murni.
Minyak zaitun tidak hanya digunakan sebagai bahan untuk kuiner juga berguna untuk perawatan rambut kering. Sudah banyak jenis minyak zaitun masuk dalam produk kesehatan rambut karena memberikan nilai positif dalam pertumbuhan dan regenerasi. Ambil secukupnya minyak zaitun kemudian oleskan pada rambut yang masih dalam keadaan basah sebelum anda melakukan proses keramas biasa. Biarkan selama lima menit dan kemudian bersihkan segera dengan keramas dengan shampo bilas dengan air bersih dan keringkan segera.

6. Gunakan Cuka Apel.
Sebagian orang mungkin agak asing dengan bahan alami ini tetapi kenyataanya sangat bermanfaat bagi rambut kering. Peramawan untuk rambut kering ini juga berguna juga untuk rambut rusak. Sifatnya cuka apel ini melembutkan bisa anda coba dirumah untuk merawat rambut agar sehat kembali. Cara sangat sederhana sekali setelah anda menakar setengah cangkir cuka apel kemudian dicampurkan dengan satu sendok makan minyak gandum dan ditambahan dengan air outih sebagnyak dua cangkir. Setelah menyatu sempurna makan oleskan ke setiap helai rambut pada saat basah. Lakukan proses ini setelah anda keramas biasa dan biarkan selama sepuluh menit. Setelah cukup waktu kemudian bilas dengan air bersih sempurna. Ketidaknyamanan bau cuka apel yang cukup keras menyengat anda bisa antisipasi baunya gunakan kondisioner khusus rambut kering.

7. Mayones.
Untuk mayones memang banyak digunakan untuk kuliner bahkan memperlezat makanan. Rasa yang sangat enak ini ternyata bermanfaat sekali bagi rmbut terutama untuk cara-mengatasi-rambut-kering. Mayonase yang mengandung asam lemak ini memberikan manfaat pada kelembutan rambut. Cukup satu sendok teh saja dan olehkan ke seluruh helai rambut, tutup dengan shower cup selama +/- 15 menit kemudian cuci bersih dengan shampo khusus untuk bayi atau herbal dan kering kan.

8. Lidah Buaya.
Penggunaan lidah buaya pada zaman dahulu memang sangat ampuh sekali untuk mengatasi rambut kering. Berbahan alami dan bisa anda gunakan untuk mengemalikan rambuu kering menjadi sehat kembali. Sangat mudah sekali setelah anda mengambil satu lidah buaya kemudian jeli tersebut diolehkan ke seluruh helai rambut. Setelah merata +/- 15 menit kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan. Sebaiknya dibilas dengan shampo herbal atau bayi.

9. Makanan Bergizi.
Memang untuk pertolongan dari dalam harus konsumsi makanan bergizi terutama banyak mengandung Vitamin B. Fungsi vitamin ini untuk menguatkan rambut dan menciptakan rambut tetap basah dan tidak kering. Sumber makanan terbaik bisa anda dapatkan dari jenis buah pisang, telur, hingga jenis kacang-kacangan. 

Setelah anda sudah mulai mengerti dan paham ada kebiasaan lain yang bisa memberikan cara-mengatasi-rambut-kering dengan beberapa kegiatan yang sangat direkomendasikan.

1. Selalu menjaga kebersihan juga rambut. Membersihkan rambut berarti anda harus selalu memperhatikan kebutuhan rambut dan sesuaikan kebutuhan rambut  yang tepat.
2. Jangan pernah menggosok-gosok rambut secara kasar akan terjadi gesekan hebat antara helai rambut yang berpotensi memberikan kerusakan dan membahayakan rambut. Tentu akan memberikan kondisi rambut kering dan rusah bahkan patah.
3. Pilih sisir rambut yang tepat dan lakukan penyisiran rambut dengan bahan yang lembut tidak memberikan efek sakit dan luka pada kulit kepala. Apalagi memberikan ketidaknyamanan kepada rambut sehingga patah dan terangkat.
4. Sebaiknya anda mengeringkan rambut secara alami, kurangi pakai hair dryer. Karena efek panas pada saat rambut masih basah tentu akan membuat rambut diberi suhu hangat tiba-tiba akan menjadikan situasi stress akibatnya rambut menjadi cepat kering.
5. Pemotongan rambut secara berkala sangat direkomendasikan termasuk merapikan. Dengan cara ini anda bisa menghindari situasi rambut kering.
6. Pakailah produk kondisioner yang cocok untuk rambut kering. Jenis produk bisa disesuaikan dengan keadaan rambut anda apakah produk langsung dari dokter ahli yang tentu telah teruji dan bahan yang digunakan sangat terpilih.
7. Selalu jaga rambut anda dari sinar terik matahari langsung, jauhkan dari polusi udara, serta tempatkan selalu di tempat yang sejuk. Karena rambut juga harus diperhatikan dengan kebiasaan ini anda sudah bisa terhindar dari situasi rambut kering.
8. Jangan terlalu sering anda pergi ke salon untuk memaksa rambut sesuai dengan tren mode. Jika sering dan massive tentu membuat rambut kering segera dan akan menjadi rusak dan patah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan anda sudah paham cerita dibalik rambut rusak dimulai dari kebiasaan, cara-mengatasi-rambut-rusak, hingga tips sehat agar rambut yang anda inginkan sehat bisa terwujud segera. Anda harus paham dan peduli dengan kebiasaan yang sengaja atau tidak yang memberikan efek buruk kepada rambut. Mulai kebiasaan sehat dan harus tahan diri agar proses dari rambut kering menjadi sehat kembali butuh waktu yang cukup tidak semalam. Proses perawatan selalu dilakukan dan ulet, jika sudah anda lakukan semua dan masih saja tidak memberikan efek kenyamanan anda bisa minta rekomendasi langsung dari dokter kulit untuk segera membantu anda.

Comments